Senin, 21 November 2011

Tugas Iklan


Untuk tugas kelompok etika periklanan kali ini,kelompok kami membahas tentang iklan sebuah obat kuat pada salah satu media cetak atau Koran berskala nasional yang terbit pada SENIN , 21 NOVEMBER 2100,iklan tersebut adalah BIMAXI dan LONG-HWA TIBET 





DEFINISI IKLAN
Menurut PPPI (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia)
Segala bentuk pesan tentang suatu produk disampaikan melalui suatu media, dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal, serta ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat.
Menurut Kotler (2002:658), periklanan didefinisikan sebagai bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau jasa secara nonpersonal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.
Menurut Rhenald Kasali (1992:21), secara sedrhana iklan didefinisikan sebagai pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan oleh suatu masyarakat lewat suatu media.
Menurut Wright (1978), iklan merupakan suatu proses komunikasi yang mempunyai kekuatan sangat penting sebagai alat pemasaran yang membantu menjual barang, memberikan layanan, serta gagasan atau ide-ide melalui saluran tertentu dalam bentuk informasi yang persuasif.

JENIS IKLAN
- Iklan di Media Massa termasuk Luar Ruang & Internet
- Advertorial
- 'Built-in'
- Poster & Selebaran
- Iklan Baris

Berdasarkan tujuannya, iklan dibagi menjadi Comercial Advertising, Corporate Advertising, Public Service Advertising.
Comercial Advertising
Iklan jenis ini bertujuan untuk mendukung kampanye atau pemasaran suatu produk atau jasa. Iklan ini terbagi menjadi dua:
a. Iklan Strategis
Digunakan untuk membangun merek. Hal itu dilakukan dengan mengkomunikasikan nilai merek dan manfaat produk. Perhatian utama dalam jangka panjang adalah memposisikan merek serta membangun pangsa pikiran dan pangsa pasar. Iklan ini mengundang konsumen untuk menikmati hubungan dengan merek serta meyakinkan bahwa merek ini ada bagi para pengguna.
b. Iklan Taktis
Memiliki tujuan yang mendesak. Iklan ini dirancang untuk mendorong konsumen agar segera melakukan kontak dengan merek tertentu. Pada umumnya iklan ini memberikan penawaran khusus jangka pendek yang memacu konsumen memberikan respon pada hari yang sama.

Corporate Advertising
Iklan yang bertujuan membangun citra suatu perusahaan yang pada akhirnya diharapkan juga membangun citra positif produk-produk atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan tersebut. Iklan Corporate akan efektif bila didukung oleh fakta yang kuat dan relevan dengan masyarakat, mempunyai nilai berita dan biasanya selalu dikaitkan dengan kegiatan yang berorientasi pada kepentingan masyarakat. Iklan Corporate merupakan bentuk lain dari iklan strategis ketika sebuah perusahaan melakukan kampanye untuk mengkomunikasikan nilai-nilai korporatnya kepada Public.
Iklan Corporate sering kali berbicara tentang nilai-nilai warisan perusahaan, komitmen perusahaan kepada pengawasan mutu, peluncuran merek dagang atau logo perusahaan yang baru atau mengkomunikasikan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar.
Public Service Advertising
Iklan Layanan Masyarakat merupakan bagian dari kampanye social marketing yang bertujuan menjual gagasan atau ide untuk kepentingan atau pelayanan masyarakat. Biasanya pesan Iklan Layanan Masyarakat berupa ajakan, pernyataan atau himbauan kepada masyarakat untuk melakukan atau tidak melakukan suatu tindakan demi kepentingan umum atau merubah perilaku yang “tidak baik” supaya menjadi lebih baik, misalnya masalah kebersihan lingkungan, mendorong penghargaan terhadap perbedaan pendapat, anti narkoba dan sebagainya.

Dan Iklan yang kami bahas kali ini termasuk dalam jenis Iklan di Media Massa termasuk Luar Ruang & Internet atau pun iklan baris.dan menurut tujuannya iklan kami termasuk iklan commercial karena Iklan jenis ini bertujuan untuk mendukung kampanye atau pemasaran suatu produk atau jasa
Iklan obat tersebut termasuk jenis obat kuat untuk pria oleh karena itu produk tersebut menunjukkan tubuh seseorang untuk meyakinkan masyarakat akan produknya,namun salah satu produk ini tidak beretika karena produk tersebut tidak mencantumkan kode dari badan POM dan dimana obat tersebut diproduksi,dan selain itu obat kuat  LONG_HWA mencantumkan kata-kata yang harusnya tidak diperbolehkan dalam aturan PPPI dan kata-kata itu adalah:
“ 4 hari tambah 3 cm”
 “1 Menit langsung bereaksi”

menurut peraturan di indonesia Dengan menggunakan kalimat tersebut, sudah jelas sekali melanggar EPI (Etika Periklanan Indonesia) karena menjanjikan peningkatan kemampuan seks. Didalam EPI (Etika Pariwara Indonesia )No. 2.6.2, tertulis “Produk obat-obatan, vitamin, jamu, pangan, jasa manipulasi, mantra dan sebagainya, tidak boleh secara langsung, berlebihan, dan atau tidak pantas, menjanjikan peningkatan kemampuan seks”. Dalam hal ini iklan tersebut harus dirubah dengan baik, tidak lagi menggunakan kalimat-kalimat yang menjerumuskan konsumennya.
Pasal 9
1. Pelaku usaha dilarang menawarkan, mempromosikan, mengiklankan suatu barang dan/atau jasa secara tidak benar, dan atau seolah-olah:
j. Menggunakan kata-kata yang berlebihan, seperti aman, tidak berbahaya, tidak mengandung resiko atau efek sampingan tanpa keterengan yang lengkap;

Daftar Pustaka

http://www.p3i-pusat.com/rambu-rambu/buku-pedoman/193-definisi-iklanhttp://enikkirei.multiply.com/journal/item/12/Jenis_Iklan_dan_Contohnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar